[2nd] Pengenalan Perangkat Keras

Hari Jum’at, 20 Februari 2015 adalah pertemuan praktikum penerapan komputer yg ke-2. Hari itu kita belajar tentang pengenalan perangkat keras atau hardware.

Yg kita pelajarin hari itu banyak bangeeet. Mulai dari perangkat keras yang kita sering gunakan, sampe hal-hal ‘kecil’ yg bener-bener diperluin dalam sebuah komputer.

Hal yg kemarin kita pelajarin pertama itu, kita nyoba ngotak-ngatik control panel di windows. Menurut gue sih ini termasuk basic, tapi ternyata banyak yg belum tau di control panel itu kita bisa ngapain aja. Contohnya, kita ngotak-ngatik control keyboard. Jadi keyboard itu bisa lama ngetiknya dan bisa dicepetin juga. Terus kita juga ngotak-ngatik cursor. Jadi kita ngubah warna dan bentuk cursor, mempercepat dan memperlambat cursor, bikin cursornya jadi ada bayangannya, dan masih banyak lagi. Gue pribadi udah pernah pelajarin ini pas SMP, tapi pas praktikum kemarin nyoba-nyoba lagi malah ngalay kesenengan nemu yg beginian lagi wkwk -_-

Terus habis ngubah-ngubah control panel yg sebenernya penting ga penting tapi pentingin aja insyaallah berguna, kita lanjut belajar materi lain dari slide. Kita belajar apa itu hardware dan apa aja contohnya.

Dari yg gue tangkep (simple-nya aja yaaa), hardware adalah bentuk fisik atau komponen komputer yang dapat dilihat bahkan disentuh oleh kita, dan bener-bener berguna banget buat proses komputer. No hardware, no computers. Wkwk paansi. Hardware sendiri dibagi menjadi tiga: Input, Proses, Output. Tapi kemarin kita belajar lebih banyak tentang Input dan Output aja, soalnya itu sih yg menurut gue paling penting. Kalo proses ya… penting juga sih.

Langsung aja deh ke contoh hardware tuh apa aja?

  1. Perangkat Hardware – Input: Perangkat keras yang gunanya adalah untuk menginput atau memasukan data dan instruksi dari orang yg menggunakan komputer tersebut. Contohnya:
    1. Keyboard – Input data seperti huruf, angka, dan beberapa instruksi
    2. Mouse, Joystick, Kinet – Input instruksi
    3. Scanner – Input data (foto)
    4. Microphone – Input data (suara)
    5. Barcode Scanner – Input data (barcode)
    6. Drawing Pad – Input data (gambar yang kita buat di pad tersebut)
    7. Dan lain lain.
  2. Perangkat Hardware – Proses: Perangkat keras yang gunanya adalah untuk membantu proses input data. Contohnya yg gue tau cuma processor sih..
  3. Perangkat Hardware – Output: Perangkat keras yang menghasilkan proses dari pengguna komputer. Contohnya:
    1. Monitor – Output yang terlihat di layar
    2. Printer dan Fax – Output dari data yang kita cetak
    3. Speaker – Output data (suara)
    4. Proyektor –  Output layar
    5. Dan lain lain.

Sebenernya masih banyak sih contoh-contoh yang lain. Malah ada hardware yg berfungsi sebagai input dan output. Contoh: Ethernet Card/LAN Card, Microheadset (microphone+headphone), Modem (Modulator-Demodulator), Touchscreen, dan banyak lagi. Terus ada juga yg bukan input dan output. Contohnya: Cooling Pad, USB Reading Lamp, dan lain lain. Kenapa bisa ada bukan input dan output? Karena biasanya perangkat keras tersebut tidak memproses data sama sekali.

Setelah materi materi itu, kita quiz!! Tapi alhamdulillahnya ya quiznya ga menegangkan kayak kuis kuis biasanya. Ini semacam quiz tebak gambar gitu. Jadi di slide ada sebuah gambar hardware, dan kita harus jawab nama hardware itu apa atau sebut itu alat input, output, atau input output. Sebenernya have fun bgt sih quiz kayak gini, bikin aktif dan tetep bermanfaat buat kita, ya lebih efektif lah quiz kayak gini wkwk dear kakak asprak sering sering ya quiz kayak gini 😛 Setelah itu beres dehh praktikum ke-2 iniii!! See u next post!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s