[4th] Some functions in Ms. Word

Hari Jum’at, 6 Maret 2015. Praktikum ke-4 Penerapan Komputer. Hari itu kita membahas macam-macam fungsi yang ada di Microsoft word.

Jadi, pertama kita belajar tentang Mailings. Apa itu Mailings? Jadi dengan Mailings atau Mail Merge ini kita bisa bikin surat dengan data. Jadi contohnya, kita mau bikin surat undangan dan banyak banget yg mau kita undang. Nah, biar ga ribet saat mau masukin data orang yang mau kita undang itu, kita pake deh ini Mailings. Kurang lebih yaaa stepnya kayak gini:

Step Mail Merge

CLICK ON IMAGE FOR BIGGER SIZE

Setelah itu, kita belajar Page Layout, seperti Section Brakes / Page Brakes. Masing-masing punya kegunaan yg penting kalo kita mau bikin dokumen. Kegunaan Section Brakes adalah saat kita mau bikin page yang formatnya berbeda dari page sebelumnya.

CLICK IMAGE FOR BIGGER SIZE

CLICK ON IMAGE FOR BIGGER SIZE

Kegunaan lain dari section brakes ini juga misalkan kalo kita mau bikin proposal yang ada tabelnya. Biasanya kan tabel itu orientasi page-nya landscape, nah gimana caranya biar page tersebut bisa landscape sendiri tanpa bikin page yg lain jadi berantakan atau ga ikut-ikutan jadi landscape?

Step Section Brake

CLICK ON IMAGE FOR BIGGER SIZE

Terus kita belajar bikin Daftar Isi. Menurut gue ini yang paling rumit.. Bener-bener harus ngikutin stepnya dan gue sendiri ga hafal stepnya 😥 Tapi bisa lah dicoba-coba, sebenernya kalo udah ngerti dan udah biasa gampang ko wkwk. Stepnya? Panjang bangeeeettt ga kuat ngasih tutorialnya 😦 Yg penting-pentingnya aja yaa.. Jadi di Microsoft Word itu kalo kita mau bikin daftar isi yang ga bikin dokumen berantakan, kita harus ngerti dulu section brakes / page brakes yg gue jelasin barusan. Nah kalo udah gitu, kita tinggal masukin judul-judul bab dan sub-bab di setiap halaman. Jangan lupa tiap halaman dikasih nomor halaman HARUS pake Page Number di option Header&Footer. Kalo udah semua, kita balik lagi ke halaman daftar isi (biasanya sih page kedua atau ketiga). Dan di halaman itu, kita arahkan kursor ke bawah kata Daftar Isi dan klik disitu, terus kita pilihReferences, kemudian Table of Contents, terus pilih mau format daftar isi yg kayak gimana. Nahh nanti Daftar isinya muncul dehh! Tinggal diganti ganti font dan warna aja kalo mau ^^

Lalu kita juga belajar sedikit tentang Equation Editor. Gunanya adalah biasanya kalo kita mau bikin bilangan matematika gitu kayak ada pangkat-pangkatnya, integral, aka-akaran, pecahan, dll. Kan susah tuh ngakalinnya, jadi kita pake Equation Editornya aja.

Screen Shot 2015-03-13 at 11.53.16 AM

CLICK ON IMAGE FOR BIGGER SIZE

Setelah itu, kita belajar Auto-Text atau Auto-Correct. Gunanya adalah kalo misalkan di suatu dokumen, kita mau nulis kata yg panjang banget dan kata tersebut mau kita tulis berulang kali. Kan cape tuh ngetiknya. Kalo mau copy paste juga yaa kurang efektif lah. Jadi kita bisa pake Auto-text ini.

CLICK ON IMAGE FOR BIGGER SIZE

CLICK ON IMAGE FOR BIGGER SIZE

Yang terakhir, kita belajar tentang Spelling & Grammar. Menurut gue ini penting kalo mau nulis dokumen yg isinya bukan bahasa inggris. Kenapa? Karena biasanya kalo kita nulis sebuah kata gitu yang mendekati sebuah kata bahasa inggris, biasanya suka keganti sendiri. Misalnya, kita mau nulis ‘TEH’. Terus setelah kita ketik ‘TEH’ itu dan kita spasi, biasanya itu keganti sendiri jadi ‘THE’. Nahh gimana cara non-aktifin Spelling & Grammar itu? Caranya, klik File, terus pilih Option, lalu pilih Proofing, kemudian unchecklist ‘Check spelling as you type’, lalu klik OK. Setelah itu, kalau kita mau ngetik kata apapun yang mendekati kata dalam bahasa inggris, ga bakal keubah otomatis lagi yeaaayy~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s