[5th] Some function in Ms. Excel

Hari Jum’at, 13 Maret 2015. Hari itu kita belajar materi baru yaituuuu Perangkat Lunak: Aplikasi Pengolah Data! Kalo kemarin kita belajar beberapa fungsi di Microsoft Word, kali ini kita belajar beberapa fungsi di Microsoft Excel ๐Ÿ™‚

Awal-awal kita belajar materi tentang aplikasi pengolah data dulu. Jadi, ada beberapa jenis aplikasi pengolah data spreadsheet:

  • Microsoft Excel
  • Libre Office Calc
  • OpenOffice Calc
  • Kingsoft Office
  • Free Office

Lalu, ada beberapa fitur Microsoft Excel, seperti membuat tabel dengan berbagai format dan perhitungan matematika, statistik, logika hingga conditional statement.

Kalo pas kita buka Microsoft Excel, ada yg namanya ‘The Book‘. The book itu merupakan 1 file dokumen Microsoft Excel. Lalu ada ‘Worksheet‘, biasanya ada di bar bawah jendela Microsoft Excel ini. Jadi simplenya, kita bisa bikin beberapa ‘sheet’ dalam satu ‘book’. Dan kalo mau bikin nama/judul worksheet, biasakan jangan pakai spasi, tapi pakai titik atau underscore aja karena kalo saat kita mau bikin formula menggunakan data dari sheet lain, kita harus masukin formula dengan judul sheet tanpa spasi (karena sheet dianggap pemisah dalam formula)

Terus, ada beberapa fungsi dalam Microsoft Excel ini.

  1. SUM: Menjumlah data dalam cell
  2. AVE: Menghitung nilai rata-rata
  3. STDEV: Menghitung standar deviasi
  4. MAX: Menentukan nilai maksimum
  5. MIN: Menentukan nilai minimum
  6. COUNT: Menghitung jumlah cell
  7. IF: Membuat fungsi kondisi

Di praktikum ke-5 ini kita praktik menggunakan formula di Ms. Excel. Jadi latihan pertama kita latihan mengolah data menggunakan SUM, AVE, dan IF. Dan latihan kedua kita belajar membuat tabel dengan berbagai format.

Sebenernya belajar kayak gini udah dari pas SMA mungkin ya.. Tapi udah lupa lagi wkwk jadi yaa ga useless bgt belajar materi ini lagi walaupun musingin ๐Ÿ˜‚ See u next post~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s